Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel

Cara cek kapasitor mesin cuci 4 kabel menggunakan multitester atau avometer digital yang mudah untuk mengetahui kapasitor masih bagus atau sudah rusak, simak di bawah ini.

cara cek kapasitor mesin cuci 4 kabel

Seperti yang sudah kita ketahui tentang fungsi kapasitor mesin cuci adalah untuk menyimpan energi listrik guna memutar dinamo motor wash atau dinamo motor spin pengering.

Dan seiring waktu pemakaian, fungsi dari kapasitor itu sendiri akan melemah dan rusak, tapi kita kadang tidak bisa mengetahui apakah kapasitor ini benar benar rusak atau belum, karena biasanya bentuk dari kapasitor tidak ada perubahan.

Sebenarnya kita bisa mengetahui ciri ciri kapasitor mesin cuci lemah atau rusak dengan melihat dari putarannya yang pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali, tapi tetap itu bukan jaminan karena cuma salah satu cara saja, untuk memastikannya kita harus melakukan pengecekan menggunakan alat bantu.

1. Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel dengan Multitester

Alat bantu yang akan kita gunakan adalah Mutitester atau Avometer, alat ini ada yang analog dan digital, untuk praktek kali ini kami menggunakan multitester digital, Anda bisa membelinya di toko elektronik ataupun secara online dengan harga 25.000 sampai 150.000.

avometer digital dan analog
Multitester

Sebelum masuk ke cara mengecek kapasitor mesin cuci 4 kabel, terlebih dahulu kita harus mengetahui spesifikasi kapasitor yang ada pada mesin cuci kita, perhatikan gambar di bawah ini.

nilai dan spesifikasi kapasitor

Dari gambar di atas kita tahu bahwa nilai dari kapasitor 4 kabel tersebut adalah sebagai berikut:

  • 3 µF dengan kabel berwarna Gray (abu-abu) dan Purple (Pink).
  • 11 µF dengan kabel berwarna Red (Merah) dan Blue (Biru).

#Catatan

Nilai kapasitor satuannya adalah Micro Farad (µF), 4 kabel disini berarti sebenarnya ada 2 kapasitor yang masing masing mempunyai nilai kecil dan besar dalam contoh gambar di atas adalah 3µF dan 11µF.

Jika ingin mengganti kapsitor yang sudah rusak sesuaikan dengan nilai tersebut, dan jangan memperhatikan bentuk serta warna dari kapasitor, karena di pasaran banyak warna dan bentuk kapasitor yang berbeda dari aslinya. yang terpenting adalah nilainya sama.

Baik, setelah mengetahui niai dari kapasitor 4 kabel yang akan kita cek, selanjutnya masuk ke inti bahasan, bagaimana cara cek kapasitornya, apakah masih ok atau sudah rusak.

Kami menggunakan alat bantu multitester digital merk sanwa CD 800.

Pertama, Putar selector ke ohm lalu tekan tombol select 3 kali sampai ketemu di layar terakhir tulisan kecil  (hf), perhatikan gambar di bawah.

cara mengecek kapasitor 4 kabel dengan multitester

Kedua, kita sambungkan probe multitester yang berwarna merah dan hitam ke kabel yang ada di kapasitor.

Berdasarkan contoh kapasitor di atas, 11 µF dengan kabel berwarna Red (Merah) dan Blue (Biru)

Berarti probe multitester satu yang berwarna merah kita tempelkan ke kabel warna merah dan satu lagi probe yang berwarna hitam kita tempelkan ke kabel kapasitor warna biru, tidak mengapa bolak balik juga, yang penting masing masing probe terhubung ke kapasitor dengan kabel yang nilainya sama.

Lalu lihat nilai yang muncul di layar multitester, jika sesuai atau mendekati maka kapasitor masih bagus, tapi jika sudah tidak sesuai atau melenceng jauh, berarti kapasitor tersebut sudah rusak.

Ketiga, Lakukan langkah di atas ke kabel kapasitor yang mempunyai nilai 3µF, amati hasilnya, dalam contoh pada gambar di atas, nilainya adalah 2,984 µF berarti kapasitor tersebut masih bagus dan bisa di pakai.

2. Cara Mengecek Kapasitor Tanpa Alat (Aliran Listrik)

Kalau kita tidak mempunyai alat bantu multitester, kita bisa menggunakan Kabel yang berukuran besar sebagai alat untuk cek kapasitor, caranya adalah sebagai berikut:

Cara ini hanya bisa di lakukan oleh orang yang ahli, bukan untuk orang awam, karena bisa bahaya tersetrum dan akan ada percikan listrik, berikut caranya:

  1. Siapkan kabel dengan ukuran yang besar sebanyak 2 buah.
  2. Sambungkan 2 kabel tersebut ke 2 kabel kapasitor.
  3. Lalu colokan kabel besar tersebut pada stop kontak yang mengalir listrik sebentar saja lalu cabut lagi.
  4. Selanjutnya kedua ujung kabel tersebut kita tempelkan satu sama lain.
  5. Jika terjadi percikan ketika kedua ujung kabel bersentuhan, artinya kapasitor masih bagus, tapi jika tidak ada percikan maka artinya kapasitor sudah rusak.
cek kapasitor mesin cuci dengan kabel

#Catatan

Hati hati saat menyambungkan ujung kabel ke stop kontak karena ada potensi tersetrum, lalu setelah di cabut kedua ujung kabel tersebut jangan di sentuh oleh tangan.

Penutup

Kalau sudah kita ketahui jika kapasitor rusak, maka kita bisa ganti dengan yang baru dan dengan nilai yang sama, lalu kalau seperti contoh di atas kapasitor 4 kabel dan yang rusak hanya yang 12µF, apakah kita ganti semua atau bisa kita ganti yang rusaknya saja, simak cara lengkapnya dalam artikel cara pasang kapasitor mesin cuci.

Demikian bahasan kali ini tentang cara cek kapasitor mesin cuci 4 kabel menggunkan multitester digital, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar