Cara Menggunakan Mesin Cuci

Bahasan kali ini tentang cara menggunakan mesin cuci lengkap mulai dari 1 dan 2 tabung, berbagai macam merk ” Sharp, LG, Samsung, Polytron, Electrolux” simak juga tip dan cara yang benar sesuai teks prosedur cara menggunakan mesin cuci agar mesin cuci tidak cepat rusak.

tek prosedur cara menggunakan mesin cuci

Banyak dari kita sudah mempunyai mesin cuci, baik yang otomatis atau 1 tabung maupun yang semi otomatis atau 2 tabung, tapi kebanyakan kita tidak menggunakan mesin cuci sesuai dengan prosedurnya.

Sehingga mengakibatkan mesin cuci tidak awet atau sering rusak, yang mana kerusakan mesin cuci yang terjadi, biasanya adalah, mesin cuci berputar tapi pelan, mesin cuci tidak berputar dan hanya mendengung, bahkan mesin cuci tidak bisa di hidupkan sama sekali.

Ketahuilah, ini semua karena kita tidak mengoperasikan mesin cuci dengan benar, kalau mau bukti, silahkan lihat tetangga anda yang mesin cucinya awet di bandingkan dengan punya kita, lalu tanyakan bagaimana cara menggunakan mesin cucinya.

Pasti akan menjawab, karena saya menggunakan mesin cuci sesuai dengan prosedur yang ada pada buku manualnya.

Untuk sekarang tidak usah bertanya kepada tetangga Anda, karena kami akan bagikan untuk anda bagaimana cara menggunakan mesin cuci yang baik dan benar, dan ini berlaku untuk semua merk.

Tip Sederhana Agar Mesin Cuci Tidak Cepat Rusak

Mesin cuci terbagi 2, otomatis dan semi otomatis, dan perlakuan kedua jenis mesin cuci inipun berbeda, terutama terkait berapa banyak jumlah baju yang di cuci dan jumlah air yang harus di masukan, lalu tentang memilih pengaturan mode mesin cuci, memasukan detergent dan penjemuran, berikut penjelasannya.

Tip Menggunakan Air

Kalau mesin cuci full otomatis, kita tidak perlu pusing lagi karena mesin cuci jenis ini sudah bisa menyesuaikan banyaknya air dengan banyaknya pakaian yang akan kita cuci “proses ini terjadi otomatis”.

Tapi berbeda dengan mesin cuci semi otomatis yang harus kita sesuaikan dengan banyaknya pakaian yang akan kita cuci, lalu bagaimana takarannya?.

  • Jika jumlah pakaian sedikit maka isi air hanya spertiga dari mesin cuci.
  • Jika jumlah pakaian yang akan kita cuci sedang maka isi air hanya setengah dari mesin cuci.
  • Jika pakaian banyak atau penuh maka isi air sampai 3/4 mesin cuci.

Tip Memilih Pengaturan Mesin Cuci ” Normal, Lembut, Permanen”

  • Pengaturan mesin cuci mode normal cocok untuk mencuci pakaian yang kotor dan pakaian sehari hari.
  • Mode lembut, cocok untuk mencuci pakaian yang berendra dan pakaian bahan sutra.
  • Mode permanen, cocok di gunakan untuk bahan sintetis, seperti Rayon, polyester, asetat atau rajutan yang cenderung akan menggumpal saat dicuci, dengan mode ini maka akan dapat mencegah hal tersebut, sehingga kita tidak perlu repot lagi untuk membersihkan gumpalan bola bola bulu yang menumpuk.

Tip Memasukan Detergent ke Mesin Cuci

Selain itu cara memasukan detergent ke mesin cuci juga tidak kalah penting, karena kalau salah maka akan mengakibat tidak optimalnya pencucian yang kita lakukan, berikut tip memasukan detergent ke mesin cuci yang benar.

  • Jika mesin cuci anda adalah jenis Otomatis Front Loading, maka gunakan kotak dispencer yang tersedia, masukan detergent ke kotak dispenser tersebut, jangan secara langsung, karena detergent otomatis akan di keluarkan pada waktu yang tepat.
  • Jika mesin cuci anda tipe Top Loading, maka masukan detergent sebelum memsukan pakaian, ini bertujuan agar detergent tidak menodai pakaian.

Langsung Lakukan Penjemuran

Pernah merasakan bau yang tidak sedap saat kita membuka mesin cuci?, ini salah satunya karena ketika pakaian kita selesai di cuci, kita tidak segera menjemurnya.

Maka menjemur pakaian segera setelah di cuci merupakan hal yang penting untuk di lakukan karena untuk menghindari bau tak sedap di dalam mesin cuci.

Jika kita konsisten menggunakan mesin cuci seperti tips cara menggunakan mesin cuci di atas maka mesin cuci akan semakin awet, lalu bagaimana teks prosedur cara menggunakan mesin cuci?.

Teks Prosedur Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

Kita mulai dengan cara menggunakan mesin cuci 1 tabung atau di sebut dengan mesin cuci otomatis, karena mesin cuci ini, bekerja secara otomatis, dari mulai mencuci, membilas dan mengeringkan, berikut prosedurnya.

  1. Sambungkan selang air ke keran, dan pastikan air mengalir dengan kencang.
  2. Masukan colokan mesin cuci ke stop kontak.
  3. Masukan pakaian ke dalam tabung mesin cuci, sesuaikan pakaian yang akan kita cuci jangan terlalu penuh.
  4. Tambahkan deterjen ke dalam dispenser mesin cuci (jika di lengkapi), ingat tips di atas, dan sesuaikan dengan tipe mesin cuci anda.
  5. Tutup mesin cuci, lalu tekan tombol “Start”.
  6. Mesin akan berputar pelan, untuk mengidentifikasi seberapa berat dan berapa air yang akan di butuhkan.
  7. Lalu katup bukaan air pada mesin cuci akan terbuka, sehingga air akan mengalir ke dalam tabung.
  8. Setelah air cukup, maka katup akan menutup kembali, dan mesin cuci akan mulai menggiling, (Ini semua terjadi secara otomatis).
  9. Setelah pencucian selesai, maka katup buangan akan terbuka, dan air yang ada di mesin cuci akan terbuang melalui selang pembuangan.
  10. Setelah air terbuang, mesin akan berputar untuk mengeringkan pakaian (ini bertujuan untuk membuang sisa deterjen dan air bekas cucian yang ada).
  11. Setelah pengeringan selesai, katup keran mesin cuci akan terbuka kembali dan mengisi air ke tabung untuk memulai proses pembilasan, ini terjadi 2 kali.
  12. Setelah pembilasan selesai (2x) selanjutnya mesin cuci akan melakukan pengeringan yang terakhir.
  13. Setelah proses pengeringan terakhir selesai, buka penutup mesin cuci, ambil pakaian dan mulai jemur.
  14. Proses selesai, lalu kita lanjut lagi dengan pakaian lainnya, di mulai lagi dari langkah 1 hingga pengeringan.

Secara garis besar cara menggunakan mesin cuci di atas berlaku untuk semua merk mesin cuci otomatis 1 tabung, seperti Sharp, LG Turbo Drum, Samsung, Polytron, Electrolux, Sanken dll.

Teks Prosedur Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Berbeda dengan mesin cuci 1 tabung, untuk mesin cuci 2 tabung kita membutuhkan efort yang lebih besar, karena kita harus mengeluarkan cucian dan memasukannya ke pengering, lalu memasukannya kembali ke penggilingan, sampai proses bilas dan pengeringan terakhir, berikut teks prosedurnya.

  1. Masukan pakaian kotor ke dalam tabung mesin cuci, sesuaikan jumlahnya (kg) dengan kapasitas yang dimiliki mesin cuci tersebut.
  2. Masukan deterjen, bisa bubuk atau cair sesuai dengan banyaknya pakaian, dan ingat masukan deterjen sebelum pakaian, agar tidak menimbulkan noda.
  3. Isi air, dengan cara sambungkan selang ke bagian inlet water, atau bisa juga masukan pakai gayung, jumlah air sesuaikan dengan banyaknya pakaian, baca tips di atas.
  4. Tutup mesin cuci, pilih mode pencucian, “Normal, Lembut atau Permanent” lalu putar Timer ke angka 15 menit, maka mesin akan mencuci selama 15 menit.
  5. Setelah berhenti, artinya pencucian sudah selesai, putar knob pembuangan air ke drain, maka air bekas cucian akan terbuang.
  6. Lalu ambil pakaian tersebut dan masukan ke pengering atau spin.
  7. Putar timer pada spin ke angka 5 menit, biarkan sampai berhenti.
  8. Setelah pengeringan selesai, selanjutnya kita bilas.
  9. Masukan pakaian dari pengering ke tabung wash kembali, lalu isi air sesuai petunjuk tip di atas.
  10. Putar knob mesin cuci ke angka 10, maka mesin akan berputar dan melakukan pembilasan.
  11. Setelah mesin wash berhenti, selanjutnya ambil lagi pakaian tersebut dan masukan ke pengering untuk di lakukan pengeringan yang selanjutnya kita lakukan pembilasan untuk yang kedua kali di mesin wash.
  12. Setelah pembilasan kedua selesai, lalu keringkan kembali ke mesin spin atau pengering, selama 10 menit.
  13. Setelah pengering berhenti, maka proses mencuci selesai, dan pakaian siap untuk di jemur.

Cara Menggunakan Pengering Mesin Cuci

Bagaimana cara menggunakan pengering pada mesin cuci yang baik dan benar untuk mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung?, hal ini juga sering di tanyakan oleh para pengguna mesin cuci, kami akan tuliskan cara dan point pentingnya berikut ini.

Mengeringkan Pakaian Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung di sebut juga dengan mesin cuci otomatis, sehingga semuanya di lakukan secara otomatis tanpa campur tangan kita, sehingga tidak ada prosedur khusus.

Yang terpenting adalah perhatikan kapasitas mesin cuci kita, jangan sampai memasukkan pakaian melebihi batas maksimalnya, atau terlalu penuh, tapi usahakan agar tetap ada ruang kosong ketika mencuci pakaian, sehingga kinerja mesin optimal dan tidak terjadi kelebihan beban.

Cara Mengeringkan Pakaian Pada Mesin Cuci 2 Tabung

Berbeda dengan 1 tabung, efort dalam mengeringkan pakaian dengan mesin cuci 2 tabung akan lebih terasa, karena semua kita kerjakan secara manual “memindahkan pakaian dari drum wash ke drum spin” dan ini kita lakukan berulang kali selama proses pencucian, pembilasan dan pengeringan.

Masukan pakaian basah ke drum pengering, pada proses ini jangan lupa untuk memadatkan pakaian sebelum menutupnya, karena kalau tidak padat akan ada suara keras “gluduk gluduk” karena tabung spin berputar dengan menyentuh bodi mesin cuci.

Akibat lainnya ketika pakaian di tabung pengering tidak padat, putaran tidak maksimal karena tabung bergoyang.

Saat ini ada mesin cuci terdapat pilihan putaran dari pengeringnya, dan pilih putaran yang sesuai dengan bahan pakaian yang kita keringkan, panduannya adalah sebagai berikut.

  • Putaran rendah (600-800 rpm) digunakan untuk mengeringkan jenis kain wol dan kain berbahan tipis seperti pakaian dalam.
  • Putaran sedang (800-1200 rpm) digunakan untuk mengeringkan bahan katun dan bahan sintetis.
  • Putaran tinggi (1200 rpm ke atas) digunakan untuk mengeringkan bahan tebal, seperti jeans dan handuk.

Demikian penjelasan tentang langkah langkah atau Teks prosedur cara menggunakan mesin cuci otomatis atau 1 tabung dan 2 tabung atau semi otomatis, ingat semua ini bisa di aplikasikan ke semua merk mesin cuci, seperti seperti Sharp, LG Turbo Drum, Samsung, Polytron, Electrolux, Sanken dll.

Baca Juga:

Bagikan:

Tinggalkan komentar