Cara Mencuci Baju Di Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung Yang Tepat

Cara mencuci (nyuci) baju di mesin cuci yang baik dan benar untuk berbagai macam bahan dan warna agar warna pakaian tidak cepat pudar dan kusam terutama warna putih, menggunakan mesin cuci 1 dan 2 tabung.

cara nyuci di mesin cuci

Apakah Anda mempunyai pakaian yang belum lama di pakai tapi warnanya sudah pudar dan tidak cemerlang, atau baju yang berwarna putih sekarang tidak cerah lagi bahkan berwarna kekuningan.

Ini tentu ada yang salah dengan cara kita mencuci pakaian tersebut, lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mencuci pakaian dengan mesin cuci agar warna pakaian tetap kinclong.

Dalam kesempatan ini sanctri.com akan membagikan langkah langkah cara nyuci di mesin cuci yang baik dan benar, berupa pakaian (Baju, Celana dll).

Persiapan Awal Nyuci di Mesin Cuci

Pertama dan yang paling sering kita cuci menggunakan mesin cuci adalah pakaian, khususnya baju dan celana, lalu bagaimana cara yang baik dan benar mencuci pakaian tersebut?.

Berikut kami tuliskan persiapan awal urutan langkah mencuci dengan mesin cuci yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Pisahkan pakaian sesuai dengan warnanya, terutama baju yang berwarna putih, maksud dari memisahkan warna ini adalah agar baju atau pakaian lainnya yang berwarna putih di cuci bersamaan dan tidak di campur dengan warna lain.
  2. Tujuannya adalah agar warna putih tidak terkontaminasi oleh warna lainnya sehingga pakaian yang berwarna putih tetap kinclong dan tidak kusam.
  3. Dan jika kita mengetahui ada pakaian yang warnanya mudah luntur agar di pisahkan dan tidak di cuci dengan pakaian lainnya, agar pakaian lainnya tidak terkena lunturan pakaian tersebut.
  4. Jika pakaian atau celana yang akan kita cuci memiliki kancing atau retsleting agar di kancingkan, tujuannya agar saat di cuci logam atau kancing plastik tidak merusak pakaian lain, karena putaran yag di hasilkan dari mesin cuci akan membuat pakaian saling beradu.
  5. Masukan ke tabung mesin cuci pakaian yang akan kita cuci sesuai dengan jenis warnanya yaitu putih dengan putih, dan yang berwarna dengan yang berwarna selain warna yang mudah luntur.

Di atas adalah persiapan awal sebelum mencuci, ini penting untuk di lakukan karena dengan melakukan ini, maka pakaian kita, khususnya yang berwarna putih akan tetap berwarna putih cemerlang dan pakaian yang berwarnapun akan tetap cerah.

Perisapan awal adalah memisahkan warna pakaian dan mengancingkan atau menutup setiap pakaian yang memiliki kancing atau reysleting.

Dan berikut cara mencuci pakai mesin cuci khusus yaitu 1 tabung atau 2 tabung, kita mulai dengan yang 2 tabung terlebih dahulu.

Cara Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci 2 Tabung

Knop mesin cuci 2 tabung
Knop mesin cuci 2 tabung
  1. Setelah kita masukan pakaian kita pada tabung pertama yang besar, lalu kita isi air sebanyak pakaian yang kita masukan, artinya air kita isi sampai pakaian terendam air.
  2. Masukan deterjen sesuai kebutuhan, silahkan pakai feeling anda, detergen baiknya yang cair, tapi kalau tidak ada, yang bubuk pun tidak mengapa.
  3. Tutup tabung mesin cuci.
  4. Pilih kekuatan putaran mesin dengan cara putar knop 2 “wash & drain” (lihat gambar), soft untuk pakaian yang lembut dan regular untuk pakaian yang tebal dan kotor.
  5. Putar knop 1 “wash timer” pada panel (lihat gambar di atas) di waktu 15 menit.
  6. Mesin cuci akan berputar dan akan berhenti setelah 15 menit.
  7. Setelah mesin cuci berhenti, berarti pencucian sudah selesai.
  8. Buang air bekas mencuci ini dengan memutar knop 2 “wash & drain”, arahkan ke drain, maka air akan terbuang melalui selang pembuangan.
  9. Lalu ambil pakaian dan masukan ke tabung ke dua, yaitu tabung pengeringan, tekan pakaian yang akan di keringkan agar padat.
  10. Lalu tutup dengan tutupan dalam berupa karet selebar tabung pengeringan juga tututp dengan tutup luar.
  11. Lalu putar knop no 3 “spin timer” ke waktu yang di inginkan, 1, 2, 3, 4 atau 5 menit.
  12. Setelah spin berhenti, artinya pakaian sudah lebih kering.

Sampai tahap ini proses mencuci sudah selesai, tapi kita belum membilasnya, untuk membilasnya ulangi langkah pertama sampai langkah terakhir, ganti kembali air dengan air yang bersih dan ganti deterjen dengan pewangi, agar pakaian menjadi wangi.

Itulah cara mencuci di mesin cuci 2 tabung yang benar, lalu bagaimana jika menggunakan mesin cuci yang otomatis atau satu tabung?.

Cara Nyuci Baju di Mesin Cuci 1 Tabung

Untuk mencuci baju pada mesin cuci 1 tabung lebih praktis di banding menggunakan yang 2 tabung, berikut caranya.

  1. Setelah kita melakukan persiapan awal seperti di atas.
  2. Lalu kita masukan baju pada tabung dan masukan deterjen cair pada tempat yang di sediakan, lalu tutup tabungnya.
  3. Pilih menu wash.
  4. Lalu mesin otomatis akan mendeteksi berapa kebutuhan airnya.
  5. Lalu air akan mengisi secara otomatis dan akan berhenti jika sudah mencapai jumlah yang sesuai dengan pakaian yang di masukan.
  6. Setelah terisi air, maka mesin akan berputar dengan sendirinya, lamanya sesuai dengan banyaknya pakaian yang kita masukan tadi.
  7. Setelah itu mesin akan berhenti dan melakukan pengeringan secara otomatis.
  8. Lalu air akan kembali mengisi untuk melakukan pembilasan, pada proses ini kita bisa memasukan pewangi pada wadah yang tersedia pada mesin cuci.
  9. Proses akan berlanjut seperti awal tapi dengan waktu yang tidak terlalu lama.
  10. Setelah mesin cuci berhenti dan mengeluarkan suara ting, bip atau lainnya sebagai peringatan bahwa pencucian sudah selesai, maka proses mencuci sudah beres dan pakaian siap untuk di jemur.

Singkatnya, untuk mencuci di mesin cuci otomatis atau 1 tabung adalah:

Masukan pakaian yang akan kita cuci, masukan deterjen dan pewangi pada tempat yang tersedia, lalu pilih wash, maka proses mencuci akan mulai dan akan berhenti jika sudah selesai dengan tanda adanya bunyi alarm secara otomatis.

Demikian cara nyuci di mesin cuci 1 dan 2 tabung yang baik dan benar agar pakaian tidak cepat kusam dan warna tetap cemerlang, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar