Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci

Cara pasang kapasitor mesin cuci 2 tabung dengan 4 kabel, juga akan kami berikan juga alternatif menggunakan 2 kabel, pertanyaannya, apakah bisa, in Sya Allah bisa, silahkan di simak dalam artikel ini.

Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung 4 Kabel

Mesin cuci membutuhkan kapasitor sebagai perantara untuk memutar motor wash maupun spin/pengering, dan seiring pemakaian dalam jangka waktu tertentu, kapasitor akan mengalami kerusakan, dan ini menyebabkan mesin berputar pelan bahkan tidak berputar sama sekali.

Jika ini yang terjadi maka salah satu jalannya adalah dengan mengganti kapasitor mesin cuci, tapi kebanyakan kita bingung bagaimana cara memasang kapasitor yang baru tersebut, di dalam artikel ini akan kami berikan tip cara mengganti kapasitor yang rusak dengan mudah, meskipun untuk orang awam.

Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung

Sebelumnya alangkah baiknya anda membaca terlebih dahulu tentang apa fungsi kapasitor mesin cuci, agar bahasan kita kali ini lebih mudah untuk di pahami, karena bahasan tersebut berkaitan erat dengan artikel kali ini.

Ketahui Berapa Nilai Kapasitor Mesin Cuci

Pertama kita harus mengetahui berapa nilai dari kapasitor yang ada pada mesin cuci kita, silahkan buka bagian belakang mesin cuci, lalu lihat di bagian bawah ada kapasitor yang biasanya berwarna hitam ataupun putih dengan 4 kabel.

Lalu lihat pada kapasitor tersebut ada tertera nilainya, dengan satuan Micro Farad (μF), berapa nilainya?, apakah 3 dan 11 atau 6 dan 10, nilai ini akan berbeda setiap merk dan jenis mesin cucinya.

nilai dan spesifikasi kapasitor 4 kabel
Contoh nilai kapasitor mesin cuci 4 kabel

Setelah mengetahui nilai dari kapasitornya, maka kita beli kapasitor dengan nilai yang sama dengan bawaannya tersebut.

Menentukan Kabel Kapasitor

Karena kapasitor yang ada memiliki 4 kabel maka kita harus menetukan kemana arah kabel-kabel tersebut akan di sambungkan. Lalu bagaimana caranya?.

Di atas kita telah mengetahui nilai dari kapasitor, ada 2 nilai yaitu kecil dan besar, maka arahnya adalah, untuk kabel dengan nilai yang besar kita sambungkan ke dinamo pencuci atau wash, dan nilai yang kecil kita sambungkan ke dinamo spin atau pengering.

Pasang kapasitor

Setelah mendapatkan kapasitor dengan nilai yang sesuai dan mengetahui kemana arah kabel harus di pasang, langkah selanjutnya adalah melakukan pemasangan kapasitor baru tersebut.

Caranya tinggal lepas kapasitor yang lama dan sambungkan kapasitor yang baru dengan mengikuti arah kabel yang sudah kita tentukan, yaitu besar ke wash kecil ke spin.

Disini kita tidak perlu berpatokan kepada warna kabel yang ada di mesin cuci, karena biasanya akan berbeda dengan yang di kapasitor baru yang akan kita pasang.

Misal kabel di mesin cuci motor wash berwarna hitam sedangkan di kapasitor yang nilainya besar berwarna merah, maka ini tidak masalah, sambungkan saja, karena sudah sesuai dengan arah yang kita bahas di atas.

Baca juga: Ciri Ciri Kapasitor Mesin Cuci Lemah

Efek Ganti Kapasitor Lebih Besar Pada Mesin Cuci

Jika kita tidak mendapatkan kapasitor yang nilainya sama dengan bawaannya, biasanya terjadi pada mesin cuci buid up, apakah kita bisa menggantinya dengan nilai yang lebih besar atau lebih kecil?, lalu apa efeknya?.

Jawabnya bisa, asal mendekati nilai aslinya dan tidak terlalu jauh beda, misal kapasitor di mesin cuci kita yang rusak nilainya 3.5 dan 10.5 μF bisa kita ganti dengan nilai 4 dan 11μF atau 3 dan 10μF. Jika terlalu jauh bedanya maka akan menimbulkan efek, apa efeknya?.

Efek Ganti Kapasitor Lebih Besar

  • Semakin besar nilai kapasitor yang di gunakan, maka akan besar juga daya yang akan di butuhkan, karena arus yang di perlukan akan besar juga mengikuti nilai kapasitornya.
  • Motor wash atau spin yang menggunakan kapasitor lebih besar dari aslinya akan cepat rusak, karena motor akan cepat panas sebab menerima daya yang lebih besar dari seharusnya.
  • Karena arus yang di perlukan lebih besar maka secara tidak langsung akan membuat tagihan listrik semakin besar, walaupun tidak terlalu terasa.

Demikian bahasan kali ini tentang cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel, semoga bermanfaat dan bisa di praktikan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar