Ciri Ciri Kapasitor Mesin Cuci Lemah

Ciri ciri kapasitor mesin cuci lemah atau rusak yang bisa kita ketahui dengan mudah  juga bagaimana cara mengecek untuk memastikan kapasitor memang sudah rusak, simak ulasannya berikut.

ciri ciri kapasitor mesin cuci lemah

Setiap mesin cuci pasti memiliki salah satu komponen yang bernama kapsitor, baik itu mesin cuci 1 tabung ataupun 2 tabung, tentu nilai dari kapasitor maupun jumlahnya akan berbeda antara 1 dan 2 tabung juga antar merk mesin cuci.

Mesin cuci 1 tabung mempunyai 1 kapasitor dengan 2 kabel dan yang 2 tabung memiliki 2 kapasitor dengan 4 kabel, walaupun di mesin cuci 2 tabung terlihat satu kapasitor tapi dia memiliki 4 kabel yang menandakan bahwa kapasitor tersebut ada 2 buah tapi dalam satu wadah.

kapasitor pengering mesin cuci
Kapasitor 4 kabel dan 2 kabel

Untuk ukuran dari kapasitor juga antara merk akan berbeda, sebagai contoh kapasitor mesin cuci sharp 4µF dan 10µF sedang mesin kapasitor mesin cuci samsung 6µF dan 12µF, kapasitor umumnya terdiri dari 2 jenis yaitu kapasitor 2 kabel dan kapasitor 4 kabel.

kapasitor mesin cuci 2 tabung 4 kabel

Sedangkan fungsi kapasitor mesin cuci tersebut secara sederhana adalah untuk menyimpan energi listrik yang akan digunakan untuk memutar dinamo motor. Tapi seiring pemakaian dalam jangka waktu tertentu, kapasitor akan mengalami kerusakan dan melemah.

Ciri Ciri Kapasitor Mesin Cuci Lemah dan Rusak

Berikut ini adalah ciri ciri dari kapasitor rusak atau lemah.

  • Kapsitor mesin cuci lemah cirinya adalah mesin cuci masih bisa berputar, tapi harus di bantu dengan tangan kita, dan setelah berputarpun maka putarannya akan lambat atau lemah.
  • Sedangkan tanda tanda kapasitor rusak yaitu mesin cuci tidak dapat berputar sama sekali dan ketika di hidupkan akan terdengar suara mendengung saja.
  • Kita lihat dari fisik kapasitornya, apakah ada lelehan atau melembung, jika ada lelehan atau mengembung maka bisa di pastikan kapasitor tersebut sudah rusak.

Pastikan Kapasitor Rusak atau Tidak

Jika kapasitor mesin cuci sudah melembung atau terdapat lelehan maka kita sudah bisa memastikan bahwa kapasitor tersbut rusak dan harus di ganti dengan yang baru.

Tapi kalau kapasitor tidak berputar atau lemah saja, kita bisa memastikan apakah kapasitor tersebut rusak atau tidak dengan melakukan pengecekan pada kapasitor, caranya ada 2 yaitu.

  • Menggunakan alat bantu berupa Avo Meter atau Multitester.
  • Menggunakan aliran listrik (bukan untuk orang awam)

Cek Kapasitor dengan Multitester

Cara mengecek kapasitor mesin cuci rusak atau tidak dengan alat bantu multitester langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Atur Avometer atau multitester pada setelan ohm X1K
  2. Tempelkan ujung probe atau kabel merah dan hitam avometer pada kedua kabel kapasitor (tempelkan ke mana saja bebas)
  3. Lihat hasilnya pada layar multitester, jika jarum bergerak ke kanan dan langsung balik kekiri ini artinya kapasitor bagus atau tidak rusak.
  4. Tapi jika jarum bergerak ke kanan lalu diam saja atau tidak kembali kekiri lagi, ini artinya kapasitor mesin cuci sudah rusak.
cek kapasitor dengan multitester
Gambar dari teknikmesin.com

Cek Kapasitor dengan Aliran Listrik

Cara ini hanya bisa di lakukan oleh orang yang ahli, bukan untuk orang awam, karena bisa bahaya tersetrum dan akan ada percikan listrik, berikut caranya:

  1. Siapkan kabel dengan ukuran yang besar sebanyak 2 buah.
  2. Sambungkan 2 kabel tersebut ke 2 kabel kapasitor.
  3. Lalu colokan kabel besar tersebut pada stop kontak yang mengalir listrik sebentar saja lalu cabut lagi.
  4. Selanjutnya kedua ujung kabel tersebut kita tempelkan satu sama lain.
  5. Jika terjadi percikan ketika kedua ujung kabel bersentuhan, artinya kapasitor masih bagus, tapi jika tidak ada percikan maka artinya kapasitor sudah rusak.
cek kapasitor mesin cuci dengan kabel
Gambar dari teknikmesin.com

#Catatan#

Hati hati saat menyambungkan ujung kabel ke stop kontak karena ada potensi terstrum, lalu setelah di cabut kedua ujung kabel tersebut jangan di sentuh oleh tangan.

Baca juga: Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel

Setelah kita pastikan kalau kapasitor tersebut rusak, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengganti kapasitor tersebut dengan yang baru, bagaimana cara pasangnya, silahkan baca artikel tentang cara pasang kapasitor mesin cuci.

Di dalam artikel tersebut sudah kami tuliskan secara lengkap langkah langkah dalam memasang kapasitor mesin cuci sendiri, yang in sya Allah bisa di praktikan dengan mudah, walaupun orang awam.

Demikian pembahasan kali ini tentang ciri ciri kapasitor lemah dan rusak semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar.

Bagikan:

Tinggalkan komentar