Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Apa fungsi kapasitor mesin cuci 2 tabung dengan 4 kabel juga 1 tabung?, akan kami uraikan penjelasannya di bawah ini, in sya Allah dengan bahasa yang mudah di pahami.

fungsi kapasitor mesin cuci

Jika kita nyuci di mesin cuci dan mendapati mesin cuci kita tidak berputar atau berputar tapi lemah, dan kita menanyakan kepada orang mekanik, maka jawabnya adalah karena kapasitornya sudah rusak dan tidak maksimal.

Kita sebagai orang awam akan berfikir, ooo berarti kapasitor fungsinya untuk memutar mesin cuci. Apakah benar demikian?, simak uraian singkatnya di bawah ini.

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Kapasitor mempunyai peranan penting dalam perputaran sebuah motor, baik mesin cuci ataupun mesin lainnya yang menggunakan tenaga listrik.

Secara umum fungsi kapasitor adalah untuk menggeser sudut fasa antara arus dan tegangan pada lilitan utama dan lilitan bantu, di mana pada jaringan listrik 1 fasa tidak ada pergeseran sudut antara arus dan tegangan atau bisa dikatakan sudutnya Nol.

kapasitor mesin cuci 2 tabung 4 kabel
Kapasitor mesin cuci 2 tabung 4 kabel

Baik, sekarang kita lihat kapasitor pada mesin cuci 2 tabung, di dalam kapasitor ada keterangan 2 nilai yang tertera, sebagai contoh gambar diatas 12 μf + 4 μf, dan nilai ke duanya pasti berbeda, yaitu kecil dan besar, bisa 4 dan 10, 6 dan 12 tergantung type mesin cucinya.

Lalu apa perbedaan antara nilai kapasitor tersebut?

Sebelumnya kami jelaskan terlebih dahulu, bahwa mesin cuci 2 tabung mempunyai 2 mesin pemutar, yaitu Wash untuk mencuci dan Spin untuk pengeringan.

Karena adanya 2 motor tersebut, maka membutuhkan 2 kapasitor untuk memutarnya, dan yang kami jelaskan di atas adalah kapasitor dengan 4 kabel, artinya kapasitor ini ada 2, tapi di jadikan 1 tempat dengan nilai yang berbeda.

Dari penjelasan tersebut, dapat kita ketahui bahwa nilai pada kapasitor tersebut menandakan kegunaannya masing masing, Nilai yang besar di sambungkan ke motor wash dan yang nilainya kecil di sambungkan ke spin untuk pengeringan.

Kapasitor Motor Spin

Pada motor pengering atau spin terdapat 2 lilitan, yaitu lilitan utama dan lilitan bantu, dan kapasitor yang nilainya kecil di pasangkan ke motor spin atau pengering.

Kapasitor yang ukuran kecil ini dipasang dengan cara diseri pada kumparan bantu sehingga antara lilitan bantu dan lilitan utama terjadi pergeseran sudut fasa antara arus dan tegangan, inilah yang menyebabkan spin motor bisa berputar.

Kapasitor Mesin Wash

Kapasitor dengan nilai yang besar di sambungkan ke mesin pencuci atau wash.

Sama seperti motor spin, motor wash juga mempunya 2 lilitan, yaitu lilitan utama dan lilitan bantu, tapi ada perbedaan yang berkaitan dengan jumlah dan diameter lilitannya. Kalau di mesin wash jumlah dan diameter lilitannya sama.

Dengan demikian pergeseran sudut fasa antara arus dan tegangan tidak ada atau Nol, maka disini kapasitor di butuhkan guna menggeser sudut fasa antara arus dan tegangan.

Jumlah dan diameter lilitan yang sama di mesin wash bertujuan agar mesin cuci bisa berputar bolak balik mengikuti perintah dari timer dengan beban yang seimbang antara kedua kumparan tersebut.

Fungsi Capasitor Mesin Cuci 1 Tabung

Sama seperti mesin cuci 2 tabung fungsinya adalah untuk menyimpan tenaga listrik untuk mengubah menjadi putaran medan magnet sehingga bisa menggerakan mesin cuci.

Perbedaannya adalah karena mesin cuci 1 tabung pengeringan dan pencucian di lakukan di satu tabung maka hanya di butuhkan 1 kapasitor dengan nilai tertentu.

Kesimpulan

Di dalam bahasa teknik fungsi kapasitor mesin cuci yaitu untuk menggeser sudut fasa antara arus dan tegangan pada lilitan utama dan lilitan bantu yang menyebabkan terjadinya putaran medan magnet sehingga mesin bisa berputar.

Atau dalam bahasa orang awam agar lebih di pahami yaitu.

Fungsi kapasitor mesin cuci adalah untuk menyimpan energi listrik yang digunakan untuk memutar dinamo motor wash (mencuci) maupun spin (pengering).

Demikian penjelasan singkat tentang fungsi kapasitor mesin cuci, semoga bisa di pahami, tentu kalau untuk orang awam yang tidak tahu menahu tentang teknik akan sedikit sulit memahaminya, karena akan ada istilah yang harus di jelaskan lebih lanjut.

Seperti apa itu fasa, apa itu lilitan, kumparan dan lain lain, mudah mudahan nanti kami bisa menuliskan hal hal teknis tersebut.

Baca juga artikel lainnya yang berkaitan tentang cara pasang kapasitor mesin cuci juga tentang penyebab pengering mesin cuci tidak berputar dan Cara Mengatasinya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar